thalassemia_minor Disebut juga sebagai thalassemia trait/pembawa sifat Thalassemia. Ditujukan kepada orang-orang yang sehat baik fisik dan mental, sehingga mereka tidak memerlukan perawatan medis yang khusus, namun dapat mewariskan thalassemia mayor kepada anak-anaknya.

Meskipun thalassemia minor tidak bermasalah, namun jika menikah dengan penderita thalassemia minor juga akan menimbulkan masalah. Kemungkinan 25% dari anak-anak mereka akan menderita thalassemia mayor. Pada garis keturunan pasangan penderita thalassemia minor ini akan muncul penyakit thalassemia mayor dengan berbagai ragam keluhan, seperti anak menjadi anemia, lemas, loyo dan sering mengalami pendarahan.

Sel-sel darah merah dari orang yang menderita Thalassemia trait/pembawa sifat thalassemia memiliki ukuran yang lebih kecil dari ukuran normal. Penderita Thalassemia trait/pembawa sifat Thalassemia juga memiliki sejenis Haemoglobin yang lebih banyak yang disebut Haemoglobin A2 dalam darah mereka. Thalassemia trait/pembawa sifat Thalassemia sudah ada sejak mereka dilahirkan dan akan tetap ada sepanjang hidup orang yang menderitanya dan akan diwariskan dari orang tua ke anak-anak mereka.

Refferensi :
Berbagai sumber

0 comments